-->

MATERI 11 : SOFTWARE COMPUTER OPERATING SYSTEM (OS)

 

Halo sahabat Golden Generation, Selamat datang di Blog Digilifeskills.comBlog yang memberikan informasi seputar dunia pendidikan khususnya dalam bidang Math, Science dan Teknologi.

Oke, sahabat golden generation, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai macam-macam Sistem Operasi Komputer. Hal ini perlu kita pelajari, karena sistem operasi komputer ini mengatur seluruh proses yang berlangsung dalam komputer. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak dan pahami penjelasan berikut ini.

Apa itu Sistem Operasi (OS)? 

Sistem Operasi merupakan perangakat lunak/ software yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat komputer. Peran utama OS ini yaitu menjadi penghubung antara tiga komponen utama, terdiri dari Software (Aplikasi dan Program), Hardware dan Brainware(Pengguna/Manusia).

Tanpa sistem operasi, sebuah komputer, konsol game, maupun smartphone tidak akan bisa berjalan optimal karena OS inilah yang berperan menjadi jembatan pengatur fungsi secara keseluruhan.

Fungsi Sistem Operasi (OS)

1. Sebagai Pengatur Hardware
2. Menjalankan perintah dasar pada komputer
3. Mengorganisir dan mengatur berbagai macam aplikasi
4. Menjeterjemahkan bahasa pemograman dalam bentuk grafis
5. untuk peran komputer yang lebih optimal.

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

ada 5 jenis sistem operasi komputer yang akan kita bahas yakni diantaranya:

1. Sistem Operasi DOS

DOS bisa dibilang merupakan nenek moyang dari sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft saat ini. DOS yang juga merupakan singkatan dari Disk Operating System adalah awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM.

Layaknya perangkat komputer versi terdahulu, tampilan dari DOS masih hitam putih, hanya tulisan dan tidak ada gambar yang ditayangkan. Karena masih jadul dan belum ada antarmuka, proses memasukkan intruksinya pun menggunakan tulisan yang kini kita kenal dengan istilah Command Prompt.

Kelebihan Sistem operasi DOS:

– Ringan sehingga tidak menghabiskan banyak memori

– Ukurannya kecil

– Memiliki kompatibilitas tinggi

Kekurangan Sistem Operasi DOS:

– Belum ada antarmuka

– Intruksinya hanya berupa tulisan tidak ada grafis


2. Sistem Operasi Windows

Windows merupakanjenis OS terbesar di dunia yang saat ini banyak di adopsi 

untuk membantu mengakomodir kebutuhan sehari-hari, mulai dari komputer instansi, akademisi, hingga kebutuhan pribadi. Sekarang ini Windows menjadi OS terbaik mengalahkan Linux dan Operating System lainnya saat ini.

Usai berhentinya proses pengembangan sistem operasi MS DOS, Windows menjadi favorit pengguna karena tampilanya sudah terpasang di hampir seluruh komputer IBM dan komputer lainnya.

OS Windows mampu tampil menarik dengan visual grafis GUI. Sebagai informasi, OS Windows sejatiinya merupakan hasil revolusi dari MS DOS yang beberapa tahun sebelumnya masih berbasis tulisan tanpa gambar.

Kelebihan:

– Tampilan antarmuka User Friendly

– Lebih mudah dalam proses instalasi

– Aplikasi OS Windws melimpah

Kekurangan:

– Tidak open surce

– Berbayar dan lumayan mahal

– Mudah diretas karena sistem keamanannya masih lemah

– Rentan terkena serangan virus

3. Sistem Operasi Linux
Linux diperkenalkan pertama kali oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 silam. Sistem operasi yang satu ini memliki sifat open-source dimana pengguna dapat memodifikasi
dan mendistribusikan kembali secara bebas tanpa perlu lisensi.

Berkat fleksibilitas ini, rata-rata penggguna linux kerap kali memasang dan melakukan konfigurasi sendiri untuk membangun sistem. Pengguna OS Linux mayoritas juga paham akan teknologi, sehingga perkembangan Linux sangat pesat dibandingkan OS Windows atau Mac OS yang kebanyakan merupakan pengguna sehari-hari.

Di ranah web hosting, sistem operasi Linux biasanya juga dimanfaatkan sebagai OS untuk komputer server. Anda bahkan bisa memilih versi OS Linux pada serer jika menggunakan layanan VPS Murah yang saat ini sudah banyak di jual di Indonesia.

Kelebihan

– Open Source

– Gratis tidak ada biaya lisensi

– Perkembangannya sangat kencang karena dikembangkan banyak orang

Kekurangan:

– Tidak dianjurkan bagi pengguna awam

– Aplikasi Linux terbatas

– Cara instal Linux terbilang susah

4. Sistem Operasi MacOS

Mac OS atau singkatan dari Machintosh operating System adalah sistem operasi eksklusif yang hanya terdapat di komputer Apple saja. MacOS yang diluncurkan pada tahun 1984 pertama kali digunakan untuk komputer bernama LISA. LISA tak lain adalah komputer hasil racikan Steve Jobs setelah ia menempuh perjalanan spiritual ke India.

Di atas kertas, pengguna sistem operasi yang satu ini memang tergolong relatif lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows. Pasalnya, produk Apple dari dulu sampai sekarang tergolong sebagai perangkat mahal.

Kelebihan:

– Lebih stabil

– Tampilan antarmuka cocok untuk kebutuhan multimedia

– Memiliki keamanan tinggi dan tidak mudah diretas

– Aman dari Virus

Kekurangan:

– Harganya relatif mahal

– Kurang optimal untuk gaming

– Tidak open source


5. Sistem Operasi UNIX
Sama halnya seperti DOS, Unix merupakan jenis OS komputer generasi lawas yang banyak digunakan hingga menjadi cikal bakal munculnya OS masa kini. Saat ini Unix sendiri sudah mempunyai banyak versi yang bisa dipilih oleh pengguna. Terkait keunggulan dan daya tarik utama, ada beberapa aspek yang bisa Anda coba. Namun, dari segi penggunaan Unix saat ini sudah sangat jarang digunakan.

Kelebihan:

– Tidak mudah terkena virus

– Gratis dan bisa digunakan cuma-cuma

Kekurangan:

– Tampilan UNIX kurang menarik

– Tidak memiliki banyak pilihan driver

0 Response to "MATERI 11 : SOFTWARE COMPUTER OPERATING SYSTEM (OS)"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel