-->

MATERI 10 : KOMPONEN-KOMPONEN CPU

sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2013/08/05/14/06/computer-169974_1280.jpg

Halo sahabat Golden Generation, Selamat datang di Blog Digilifeskills.comBlog yang memberikan informasi seputar dunia pendidikan khususnya dalam bidang Math, Science dan Teknologi.

Oke sahabat golden generation, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal komponen-komponen yang terdapat dalam CPU. Tentunya kalian sudah tahu kan dengan CPU? Ya, betul sekali, CPU (Central Processing Unit) adalah bagian paling terpenting dari komputer, karena CPU sebagai otaknya komputer. Mengapa? karena semua program yang dijalankan di komputer di atur di dalam CPU.

Apa saja sih, komponen-komponen yang terdapat dalam CPU? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Komponen-Komponen CPU terdiri dari:

1. Casing CPU

sumber : https://www.els.co.id/blog/wp-content/uploads/2016/01/tips-memilih-casing-cpu-yang-baik-fitur-image.jpg

Casing CPU merupakan wadah dari komponen-komponen CPU lainnya. Dapat dikatakan Casing CPU ini sebagai baju pelindung. Fungsi dari casing cpu ini adalah untuk melindungi komponen-komponen di dalamnya dari debu, panas, atau kotoran lainnya.

Casing CPU ini sebagian besar terbuat dari bahan alumunium, dan ada juga yang terbuat dari bahan akrilik transparan ditambah dengan tambahan lampu led di dalamnya sehingga mempercantik tampilan casing CPU.

2. Motherboard


sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/04/04/17/22/motherboard-2202269_1280.jpg

Motherboard merupakan papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat berbagai komponen elektronik dipasang dan terhubung satu sama lain. Beberapa komponen elektronik utama yang dipasang di motherboard seperti processor, Hardisk, RAM, VGA card, sound card, dan sebagainya.

3. Processor
sumber : https://www.indoworx.com/file/2017/11/3.bt_.com-FILEminimizer.jpg

Processor merupakan komponen inti dalam CPU yang berfungsi untuk mengatur semua program yang berjalan pada komputer. Tanpa adanya processor maka komputer tidak akan berfungsi sama sekali. Dengan demikian processor ini dikatakan sebagai otaknya komputer.

Semakin tinggi kapasitas processor maka semakin bagus kualitas performa komputer yang digunakan.

4. RAM

sumber : https://cdn.pixabay.com/photo/2019/12/18/15/40/memory-4704236_1280.jpg

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen dalam CPU yang berfungsi untuk menyimpan data sementara yang telah di proses oleh processor, sebelum ditransfer ke komponen-komponen lainnya.

Kinerja RAM mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan, terutama untuk keperluan multitasking atau melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan di komputer. Jika kapasitas RAM besar, maka berbagai aplikasi komputer akan berjalan dengan lancar walau dioperasikan secara bersamaan.

Namun demikian sebesar apapun kapasitas RAM yang digunakan, jika tidak didukung dengan kapasitas motherboard yang sesuai, maka dapat dipastikan RAM tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Kapasitas RAM yang beredar di pasaran biasanya berkapasitas 256 MB, 512 MB, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB. Dengan jenis RAM yang digunakan seperti DDR-1, DDR-2, DDR-3, dan DDR-4.

5. Harddisk
sumber : https://pixabay.com/id/photos/cache-komputer-data-digital-disk-88004/

Harddisk atau yang dikenal dengan HDD merupakan komponen dalam CPU yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang bersifat tetap. Harddisk ini didalamnya berupa piringan/cakram.

Harddisk ini juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data instalasi dari OS (Operating System) yang digunakan untuk menjalankan CPU. Semakin besar kapasitas Hardisk, maka semakin besar pula daya penyimpanan data yang bisa digunakan.

6. CD/DVD Rom
sumber : https://www.indoworx.com/file/2017/11/7.wikimedia.org-FILEminimizer.jpg

CD/DVD Rom merupakan komponen CPU yang digunakan untuk menulis dan membaca kepingan CD/DVD. Selain itu juga, CD/DVD ROM ini dapat untuk memburning atau mengcopy CD dengan menggunakan berbagai software.

Adapun format yang termasuk ke dalam CD/DVD Rom adalah CD-ROM drive, SD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.

7. VGA Card
sumber : https://www.seluncur.id/wp-content/uploads/2019/07/komponen-cpu-vga-card.jpg

VGA Card (Video Graphic Adapter) adalah komponen CPU yang berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor dan sangat penting sebagai penentu kualitas gambar yang ditampilkan pada layar monitor. Tanpa VGA, maka layar komputer tidak dapat menampilkan apa-apa.


8. Sound Card
sumber: https://www.indoworx.com/file/2017/11/9.termasmedia.com-FILEminimizer.jpg

Sound Card adalah komponen CPU yang berfungsi sebagai prosesor audio, yang mana dapat mengubah sinyal analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan menghasilkan audio atau suara pada komputer

9. Power Supply
sumber: https://www.indoworx.com/file/2017/11/10.cara-mukhlas.blogspot.co_.id-FILEminimizer.jpg

Power supply merupakan komponen CPU yang berfungsi sebagai sumber arus listrik pada setiap komponen-komponen komputer. Power supply ini juga dapat mengubah tegangan DC menjadi AC

10. Cooling Fan 
sumber: https://www.seluncur.id/wp-content/uploads/2019/07/bagian-bagian-cpu-cooling-fan.jpg

Cooling fan merupakan komponen CPU yang berfungsi untuk menjaga dan menstabilkan suhu di dalam CPU. Hal ini penting, untuk mengantisipasi peningkatan suhu, terutama jika melakukan aktivas berat pada komputer.

Nah sobat generation, itulah uraian mengenai komponen-komponen CPU. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

7 Responses to "MATERI 10 : KOMPONEN-KOMPONEN CPU"

Silahkan berikan komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel