-->

MATERI 4 : PENGGOLONGAN KOMPUTER

Halo sahabat Golden Generation, Selamat datang di Blog Digilifeskills.comBlog yang memberikan informasi seputar dunia pendidikan khususnya dalam bidang Math, Science dan Teknologi.

Oke, sahabat golden generation, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai penggolongan Komputer. Perlu kita ketahui bahwa komputer pertama kali diciptakan oleh manusia dengan tujuan untuk membantu pekerjaan manusia yang berhubungan dengan perhitungan serta sebagai media penyimpanan data atau file.Namun seiringnya perkembangan teknologi, komputer semakin dibutuhkan oleh manusia karena bentuk dan kecepatannya yang luar biasa.

Nah, Komputer dapat digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Komputer berdasarkan data yang diolah 
  2. Komputer berdasarkan penggunaannya
  3. Komputer berdasarkan ukurannya.

*PENGGOLONGAN KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DI OLAH :

1. Komputer Analog
   Komputer analog merupakan komputer yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat kualitatif (bukan angka) yang diperoleh dari keadaan lingkungan dan bekerja secara kontinu serta parallel. Contohnya seperti alat radar, alat pengukur cuaca, Voltmeter (alat pengukur tegangan listrik) dan Amperemeter (alat pengukur arus listrik), seismograph, termometer.

2. Komputer Digital
   Komputer digital merupakan komputer yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif yaitu angka, huruf, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya memerlukan bahasa pemograman. Contoh komputer digital ini adalah PC (Personal Computer)

3. Komputer Hibrid
    Komputer hibrid merupakan komputer kombinasi antara komputer analog dan digital yang dapat mengolah data baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Contoh komputer hibrid adalah facsimile (alat pengukur detak jantung)

*PENGGOLONGAN KOMPUTER BERDASARKAN PENGGUNAANNYA:

1. Special purpose computer
    merupakan komputer yang digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi saja. Contohnya : Mesin ATM

2. General Purpose Computer
merupakan komputer yang digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Contohnya : PC

*PENGGOLONGAN KOMPUTER BERDASARKAN UKURANNYA:

1. Mainframe
    Mainframe merupakan komputer yang memiliki ribuan unit prosesor sehingga kemampuannya sangat besar dan berukuran besar. Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer. Hal ini mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuan, untuk pemrosesan data perusahan atau keperluan militer.

2. Minicomputer
    Minicomputer merupakan komputer yang ukurannya lebih kecil dibandingkan mainframe. Komputer jenis ini biasanya digunakan sebagai server jaringan komputer atau server internet.

3. Microcomputer
Microcomputer merupakan komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (single user). Contoh microcomputer adalah PC (Personal Computer). PC ini minimal terdiri dari komponen monitor, keyboard, dan mouse.

4. Komputer Portabel
    Komputer portebel merupakan komputer yang berukuran lebih kecil daripada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Perkembangan terbaru memungkinkan komputer berukuran setelapak tangan. Contoh komputer portabel yaitu: laptop, notebook, netbook, dan palmtop.

0 Response to "MATERI 4 : PENGGOLONGAN KOMPUTER"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel