-->

Part 2. Mengenal Komponen-Komponen dalam HTML (Tag, Element, dan Atribut)

(sumber :  Pixabay)

Halo sahabat Golden Generation, Selamat datang di Blog Digilifeskills.comBlog yang memberikan informasi seputar dunia pendidikan khususnya dalam bidang Math, Science dan Teknologi.

Sahabat golden generation, pada pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pengenalan Bahasa Pemograman HTML. Nah kali ini bersama Digilifeskills.com kita akan belajar mengenai komponen-komponen yang ada dalam HTML yaitu terdiri dari Tag, Element, dan Atribut.

Ketiga komponen tersebut merupakan hal terpenting karena sebagai dasar dalam penulisan kode HTML, sehingga tampilan seperti halaman web yang ada di internet.

Oke, kita mulai kupas satu persatu ketiga komponen tersebut.

1. Tag HTML

Tag adalah kode yang digunakan untuk memperkenalkan kepada web browser untuk apa text HTML ditulis. apa yang akan kita tulis di HTML, baik  berupa list, paragraf, link dan sebagainya, tidak semena-mena akan terbaca oleh web browser.  Nah, oleh karena itu kita perlu gunakan Tag tertentu di setiap penulisan di HTML.

Bagaimana cara menggunakan Tag? Biasanya penulisan Tag, dibuka dengan <tag> kemudian diisi oleh objek yang akan ditulis setelah itu di tutup dengan </tag>. Gambaran seperti di bawah ini:

<tag>Objek tulisan</tag>

Perbedaan antara tag pembuka dan tag penutup yaitu, pada tag pembuka diawali kurung sudut pembuka dan di akhiri dengan kurung sudut penutup < >,sedangkan pada tag penutup ,diawali dengan kurung sudut pembuka, backslash, dan diakhiri dengan penutup kurung sudut </  >

Berikut ini beberapa fungsi Tag yang sering digunakam dalam penulisan HTML

Macam-Macam Tag HTML

2. Element HTML

Element pada HTML merupakan isi atau objek yang berada pada tag. maksudnya, isi yang ada diantara tag pembuka dan tag penutup di sebut dengan elemen. Misalnya:


kata Percobaan merupakan element HTML.

3. Atribut pada HTML

Atribut HTML merupakan informasi tambahan yang digunakan di dalam tag pembuka. Informasi ini bisa berupa instruksi untuk memberikan efek warna, ketebalan, jenis huruf, dan lainnya.

Penulisan atribut memiliki 2 bagian yaitu nama dan nilai. Hal tersebut dapat ditulis dengan:
name="value"
Penulisan nilai/value diapit oleh dua tanda kutip.

Penulisan atribut pada HTML diawali dengan penulisan tag, didalam tag berikan atribut dan element dari tag itu sendiri berikut contoh penulisan atribut pada HTML :
kata align="center" merupakan atribut pada HTML

0 Response to "Part 2. Mengenal Komponen-Komponen dalam HTML (Tag, Element, dan Atribut)"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel