-->

Part 1. Pengenalan Bahasa Pemograman HTML

(sumber: Pixabay.com)

Halo sahabat Golden Generation, Selamat datang di Blog Digilifeskills.comBlog yang memberikan informasi seputar dunia pendidikan khususnya dalam bidang Math, Science dan Teknologi.

Sahabat golden generation, kali ini  bersama Digilifeskills.com kita akan belajar mengenai bahasa pemograman HTML.

Yuk kita simak & pahami materi penjelasan berikut ini.

Pernahkah kalian mendengar istilah HTML? Sudahkah kalian merasakan manfaat dari HTML tersebut? Tentunya sudah. Sekarang ini, kalian membaca artikel di website digilifeskills merupakan salah satu manfaat yang telah kalian rasakan dengan hadirnya HTML. 

Apa sih HTML itu??

HTML adalah kepanjangan dari Hyper Text Markup Languange. HTML ini merupakan bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website.

HTML ini sangat penting dan dasar yang wajib di kuasai bagi seorang web depeloper. Karena HTML merupakan unsur dasar dari pembangunan sebuah website. jika di ibaratkan, HTML menjadi pondasi pada sebuah rumah atau bangunan.

Di dalam dunia pemrograman berbasis website(Web Programming), HTML menjadi pondasi dasar pada halaman website. sebuah file HTML di simpan dengan ekstensi .html (dot html). dan dapat di eksekusi atau diakses menggunakan web browser(Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain). seperti yang sudah di jelaskan, 

HTML adalah dasar dari sebuah website. untuk membuat sebuah website tidak cukup hanya menggunakan HTML, kita memerlukan bantuan CSS, JavaScript dan PHP untuk membuat sebuah website yang dinamis. jika halaman website dibuat hanya menggunakan HTML saja maka halaman website tersebut di sebut halaman statis karena tidak memiliki aksi atau fungsifungsi yang dapat mengelola website. tentu developer akan sangat di sibukkan dengan harus mengubah lagi file HTML setiap ingin mengupdate artikel. 

HTML memiliki beberapa element yang tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsi nya masing-masing. seperti tag heading, paragraf, pembuatan form, tombol, list, membuat hyperlink atau link yang menghubungkan antar halaman website dan banyak lagi lainnya.

Kegunaan HTML
HTML memiliki kegunaan sebagai berikut.
  1. Membungkus element-element tertentu susai kebutuhan
  2. Membuat heading atau format judul.
  3. membuat Tabel
  4. Membuat List
  5. Membuat Paragraf
  6. Membuat Form
  7. Membuat Tombol
  8. Membuat huruf tebal
  9. membuat huruf miring
  10. menampilkan gambar
  11. menampilkan video
dan masih banyak yang lainnya.

Nah, sekarang bagaimana cara kita menuliskan HTML?

Tentunya kalian mulai berfikir bagaimana saya membuatnya ? dan apa yang harus saya gunakan untuk membuat program tersebut? Nah sebelum kita memulai cara penulisan HTML. Terlebih dahulu yang harus ada dan kita siapkan  adalah aplkasi Text Editor.

Text Editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis syntax atau kode program, disini khususnya untuk penulisan kode program HTML itu sendiri. Text editor sendiri sangatlah banyak yang bisa digunakan untuk penulisan kode HTML, contohnya seperti Notepad yang disediakan oleh sistem operasi windows,

Texts edit yang disediakan oleh sistem operasi Mac dan Nano yang disediakan oleh sistem operasi linux. Text editor berbeda dengan Word Processor (Microsoft Word, King Soft, WordPerfect). Itu dikarenakan text editor tidak bisa digunakan untuk mengatur format document serta tidak disediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk desktop publishing

Sekarang, silahkan kalian download & install aplikasi text editor di perangkat komputer/laptopmu. Klik di bawah ini


jika menggunakan android, silahkan download aplikasi berikut & install pada androidmu:

Aplikasi Notepad++

0 Response to "Part 1. Pengenalan Bahasa Pemograman HTML"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel