-->

Part 1; Latihan Soal PAS Matematika Kelas 8


Soal Pythagoras

1) Tentukanlah nilai a pada segitiga berikut!

2) Perhatikan gambar berikut!
3) Suatu kapal berlayar dari titik A ke titik B sejauh 15 km menuju arah utara. Sesudah tiba pada titik B, kapal tersebut berlayar kembali sejauh 36 km menuju arah timur. Tentukan jarak antara titik A dengan titik akhir!

4) Jelaskan 3 jenis segitiga dengan menggunakan pythagoras!

Soal Lingkaran

5) Pada gambar berikut, O adalah pusat lingkaran dan besar sudut POQ = 80'. Jika panjang busur PQ = 24 cm, maka panjang busur QR adalah .... .

6) Jika diketahui panjang busur AB yaitu 9 cm dengan jari-jari lingkaran 8 cm, maka sudut pusat yang terbentuk oleh busur AB adalah ... .

7) Luas daerah yang di arsir pada gambar berikut adalah ... .

8) Tentukan keliling bangun di bawah ini!

Soal Garis Singgung Lingkaran

9) Diketahui panjang jari-jari lingkaran yang berpusat di O adalah 8 cm. Jika jarak dari pusat lingkaran ke titik P adalah 17 cm, maka tentukan luas dan keliling layang-layang ORPQ berikut.

10) Pada gambar berikut, DA adalah garis singgung lingkaran, panjang CA adalah 30 cm dan OB adalah 16 cm. Hitunglah panjang DO!

11) Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 15 cm dan 7 cm. Jika panjang garis singgung persekutuan luarnya 24 cm, maka jarak kedua pusatnya adalah ... .

12) Dua buah lingkaran dengan pusat masing-masing A dan B, memiliiki jari-jari 7 cm dan 2 cm. Jika jarak AB = 13 cm, maka panjang garis singgung persekutuan dalam kedua lingkaran tersebut adalah ... .

0 Response to "Part 1; Latihan Soal PAS Matematika Kelas 8"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel