-->

Bab 10. Statistika : A. Pengenalan Statistika

Halo sahabat Golden Generation, Selamat datang di Blog Digilifeskills.com
Blog yang memberikan informasi seputar dunia pendidikan khususnya dalam bidang Math, Science dan Teknologi.

Sahabat golden generation, kali ini Digilifeskills.com akan berbagi materi mengenai statistika. Adakah yang pernah mendengar dan tahu mengenai statistika? Ya, mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. 

Apa ya manfaatnya mempelajari statistika? Tentu saja sangat banyak. seperti contoh, kita bisa mengetahui polling pemilihan presiden, kemudian kita bisa mengetahui penyebaran data virus covid-19 (corona), dan masih banyak lainnya. Pada intinya dengan kita mengerti statistika, maka kita dapat memperoleh dan menganalisis banyak informasi dari suatu data. 

Yuk kita sama-sama pelajari mengenai statistika.
1) Pengertian :
  • Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menyusun, menyajikan, menganalisis serta menyimpulkan suatu data. sedangkan,
  • Statistik merupakan kumpulan data / informasi dalam bentuk angka maupun bukan angka.
  • Data Angka disebut Data Kuantitatif, contohnya data jumlah siswa laki-laki dan perempuan di sekolah x, data nilai ujian sekolah, dan lainnya
  • Data bukan angka disebut Data Kualitatif, contohnya data kepuasan pelanggan terhadap produk yang dipakai, dan lainnya.
2) Pengumpulan Data
Tahap awal dalam kegiatan statistika adalah pengumpulan informasi untuk memeroleh suatu data. Ada tiga cara dalam pengumpulan data diantaranya:
a) Angket atau Kuesioner merupakan daftar pertanyaan atau pernyataan yang diberikan kepada sekelompok orang dengan tujuan orang tersebut bersedia memberikan respon. contohnya:

dokumen pribadi
b) Wawancara atau Interview merupakan teknik untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan tanya jawab langsung dengan responden, berdasarkan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan.
c) Lembar Observasi atau Pengamatan merupakan teknik untuk mengumpulkan data dengan cara pengamatan langsung di lapangan dengan lembar pengamatan yang telah disiapkan. Hal ini sering kalian lakukan di sekolah dalam melakukan percobaan/eksperimen.

Data yang telah dikumpulkan dari salah satu atau beberapa teknik dalam pengumpulan data, langkah selanjutnya adalah data tersebut disajikan dalam bentuk yang mudah dibaca seperti diagram/grafik, atau tabel.

3) Penyajian Data
Ada tiga cara yang kita pelajari dalam penyajian data yaitu dalam bentuk:
a) Diagram Batang
Diagram batang merupakan data yang disajikan dalam bentuk beberapa gambar batang (persegi panjang) dalam kurun waktu tertentu di bidang koordinat kartesian (sumbu x & sumbu y)
b) Diagram Garis
Diagram garis merupakan data yang disajikan dalam bentuk garis yang diperoleh dari waktu ke waktu secara berkala di bidang koordinat kartesian (sumbu x & sumbu y)
c) Diagram Lingkaran
Diagram lingkaran merupakan data yang disajikan dalam bentuk lingkaran.
Daerah full lingkaran menggambarkan data keseluruhan.
Bagian juring lingkaran menggambarkan bagian-bagian dari data. Seperti contoh:
dokumen pribadi

Pada diagram lingkaran untuk menghitung banyaknya data (orang) tertentu, maka dengan cara manual yaitu,
Jika diketahui besar tiap sudut dalam lingkaran, maka:
x (orang) = [besar sudut juring / 360 derajat] x jumlah orang (n)
Jika diketahui persentase dari setiap bagian lingkaran, maka:
x (orang) = [persentase x 100%] x jumlah orang (n)


Mari uji kepahamanmu 

0 Response to "Bab 10. Statistika : A. Pengenalan Statistika"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel